Praktik Kewirausahaan

Mahasiswa Ilkom 2008 yang mengambil Mata Kuliah Kewirausahaan kali ini mendapatkan kesempatan untuk merasakan bagaimana menjadi seorang wirausaha muda. Setiap kelompok bebas menentukan jenis barang/jasa yang akan dijual. Setelah melakukan diskusi singkat, kami, Kelompok 10 memutuskan untuk berwirausaha dengan berdagang ice cream cone di Pantai Matahari Terbit.






Usaha ice cream cone telah dijalani oleh ibu dari Vida Mastrika dari tahun 2006. Untuk praktik kewirausahaan ini, Kelompok 10 akan menjalankan usaha ice cream cone selama 6 hari berturut-turut secara mandiri mulai hari Sabtu, 10 Desember 2011 sampai hari Sabtu, 17 Desember 2011. Pada 6 hari pelaksanaan praktik kewirausahaan, anggota Kelompok 10 akan berdagang ice cream cone dari pukul 15.30 wita sampai pukul 18.30 wita.
Untuk membuat sebuah ice cream cone diperlukan sebuah mesin pembuat ice cream cone, susu cair khusus, dan sebuah cone. Sebuah ice cream cone dijual dengan harga Rp 3.000,00. Pada awal praktik kewirausahaan ini, Kelompok 10 menyediakan 350 cone dan 10 liter susu cair. Target pembeli kami adalah pengunjung pantai matahari terbit dari anak-anak, remaja, dan orang dewasa. Target utama kami adalah anak-anak dan para remaja yang sedang berpacaran di pantai. Pacaran serasa nggak lengkap kalau belum beli ice cream cone.
Strategi promosi yang telah diterapkan adalah dengan memasang gambar ice cream cone agar anak-anak tertarik dan ingin mencoba dan kami tambahkan dengan mengajak pengunjung pantai yang lewat di dekat gerai untuk membeli ice cream cone.
Secara umum, kegiatan praktikum dimulai dengan membuka gerai ice cream cone, dilanjutkan dengan berjaga pada gerai, dan diakhiri dengan penghitungan hasil penjualan dan penutupan gerai. Dalam 6 hari praktik, Kelompok 10 menetapkan jadwal sebagai berikut :


Hari, Tanggal
Person in Charge
Sabtu, 10 Desember 2011
Vida Mastrika
Minggu, 11 Desember 2011
Putra Danahita, Vida Mastrika
Senin, 12 Desember 2011
Oka Winaya, Obie Rahman
Selasa, 13 Desember 2011
Obie Rahman, Sang Gede
Jumat, 17 Desember 2011
Oka Winaya, Putra Danahita
Sabtu, 18 Desember 2011
Sang Gede, Vida Mastrika

Pengalaman dan hasil praktik kelompok 10 dalam menjalankan usaha ice cream cone selama 6 hari akan diceritakan pada artikel selanjutnya.

0 Response to "Praktik Kewirausahaan"

Post a Comment

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme