Praktik Kewirausahaan Sabtu, 17 Desember 2011

Tidak terasa, hari ini adalah hari terakhir kami berjualan. Sang Gede dan Vida Mastrika sudah ada di pantai matahari terbit sebelum pukul 16.00 wita. Hal yang selalu kami perhatikan sebelum berjualan adalah cuaca, karena berjualan es sangat bergantung pada cuaca. Cuaca hari ini mendung, kadang hujan gerimis. Pantai sepi pengunjung, sebagian besar pengunjung berteduh dan memesan minuman hangat.
Ternyata, hujan tidak mempengaruhi pembeli untuk membeli ice cream cone kami J. Beberapa pembeli pun datang ke gerai kami, walaupun hujan turun semakin deras. Sekitar pukul 16.30 hujan berhenti, kami telah menjual 24 cone.

Beberapa bus parkir, membawa wisatawan lokal dari Pulau Jawa. Pantai yang tadinya sepi menjadi ramai. Tapi saat kedatangan mereka, tidak satupun pengunjung tertarik dengan ice cream cone. Akhirnya, salah satu pengunjung menghampiri gerai kami dan memesan tiga ice cream cone. Sang Gede mencoba membuat bentuk ice cream, tetapi tidak ada ice yang keluar dari mesin. Walaupun tuas mesin ditekan berkali-kali, tetap tidak ada ice cream yang keluar dari mesin.
Kami panik sesaat, tidak tahu apa yang harus kami perbuat. Sekitar 15 menit berlalu dan tidak ada perubahan pada keadaan mesin. Kami terpaksa menolak beberapa pembeli selama mesin tidak bisa mengeluarkan ice cream L.
Kami memutuskan untuk mematikan mesin, mengeluarkan semua susu yang ada di dalam mesin, dan menunggu. Beberapa menit setelah mesin dimatikan, mesin berfungsi seperti semula. Kami menduga penyebab mesin tidak mengeluarkan ice cream adalah adanya ice cream pada mesin yang membeku hingga mengeras, sehingga menghambat jalur keluar ice cream.
Hingga pukul 19.15 kami telah menjual 38 cone. Karena udara sudah bertambah dingin, kami memutuskan untuk menutup gerai. Walaupun penjualan hari ini tidak seperti hari sabtu minggu lalu, kami puas akan hasil penjualan yang kami dapat.

0 Response to "Praktik Kewirausahaan Sabtu, 17 Desember 2011"

Post a Comment

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme