Praktik Kewirausahaan Sabtu, 10 Desember 2011

Pada hari Sabtu 10 Desember 2011, kami berkumpul di lokasi usaha ice cream cone pukul 15 wita. Kami excited untuk mencoba membuat ice cream cone sendiri. Selain anggota Kelompok 10 ada teman anggota kelompok lain, Sukarya, yang ikut menemani kami berjualan pada hari pertama. Suasana pantai sedikit mendung dan berangin, pengunjung pantai tidak terlalu ramai, karena rainan purnama.
Sebelum mulai berjualan, kami berlatih membuat ice cream cone. Ternyata membuat bentuk ice cream di atas cone tidaklah semudah yang kami kira. Satu per satu dari kami mencoba menggunakan mesin tersebut. Setelah beberapa kali mencoba membentuk ice cream, walaupun bentuknya belum sempurna, kami sudah mulai menerima pembeli.


Mencoba Membentuk Ice Cream

Awalnya pembeli ice cone datang satu per satu, sehingga kami tidak kewalahan menangani pembeli dan bisa membuat bentuk ice cream secara perlahan di atas cone, agar tidak mengecewakan pembeli. Tetapi ada saatnya pembeli datang bergerombol, akibatnya kami sedikit kewalahan untuk berkonsentrasi membentuk ice cream dan memberikan uang kembalian pada pembeli.

Ramai Pembeli

Pembeli banyak datang sekitar pukul 16.00 wita sampai 17.30 wita. Saat itu kami sudah terbiasa membentuk ice cream dan menangani pembeli. Saat pukul 17.30, penjualan ice cream cone mencapai 35 cone. Saat penutupan gerai, penjualan mencapai 52 cone dan total pendapatan kami pada hari pertama adalah Rp 156.000,00.
Saat penutupan gerai, kami merasa senang dan puas karena banyak ice cream cone yang terjual. Ternyata menjadi seorang wirausaha muda adalah suatu hal yang menyenangkan. Pada hari pertama ini kami belajar membentuk ice cream di atas cone, berinteraksi dengan pelanggan, menawarkan ice cream cone pada pengunjung pantai, dan kami melatih kesabaran saat menunggu pembeli J.



0 Response to "Praktik Kewirausahaan Sabtu, 10 Desember 2011"

Post a Comment

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme