Lokasi Usaha Dealer Mobil Suzuki Sepuluh Jaya

Lokasi, merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam strategi bisnis. Pemilihan lokasi yang baik akan menentukan prospek kemajuan dari suatu usaha ke depannya. Semakin strategis tempat usaha yang dipilih, semakin tinggi pula tingkat penjualan dan berpengaruh terhadap kesuksesan sebuah usaha. Begitu juga sebaliknya, jika lokasi usaha yang dipilih tidak strategis maka penjualan pun juga tidak akan terlalu bagus bahkan bisa berujung pada kebangkrutan. Begitu pula pada usaha kami, yaitu dealer mobil. Lokasi usaha akan sangat menentukan kemajuan usaha kami ini. Kami harus jeli dalam memlih lokasi usaha, banyak aspek yang harus kami perhatikan. Jadi dalam hal ini tidak bisa sembarangan dalam memilih lokasi usaha. Beberapa aspek yang perlu kami perhatikan diantaranya adalah:

1. Tingkat kepadatan penduduk sekitar lokasi
Semakin tinggi kepadatan penduduk di suatu lokasi, maka semakin besar pula potensi pasar usaha kami. Target calon konsumen kami akan semakin banyak jika lokasi usaha kami berada didaerah yang padat penduduk.

2. Besar pendapatan masyarakat sekitar lokasi
Selain kepadatan penduduk, besar pendapatan masyarakat yang ada di sekitar lokasi juga mampu mempengaruhi perkembangan usaha kami. Sebab, tingkat pendapatan masyarakat juga akan berpengaruh terhadap daya beli konsumen.


3. Tingkat keramaian lalu lalang kendaraan yang lewat
Semakin ramai kendaraan atau pejalan kaki yang lalu lalang, maka akan semakin besar kesempatan/potensi untuk konsumen datang ke tempat usaha kami.


4. Banyaknya usaha yang mendukung lokasi tersebut
Semakin banyak usaha yang ada di sekitar lokasi, maka konsumen yang datang ke lokasi tersebut juga semakin ramai. Karena di lokasi tersebut terdapat berbagai macam usaha yang menyediakan produk yang berbeda pula, sehingga para konsumen lebih tertarik datang ke lokasi yang terdapat berbagai macam usaha. Misalnya saja kompleks pertokoan, atau areal sekitar mall yang selalu ramai pengunjung.


5. Penyesuaian dana dengan lokasi usaha yang akan dipilih

Biasanya lokasi usaha yang ada di keramaian seperti area sekitar mall, atau di pinggir jalan yang strategis harga sewanya lebih mahal dibandingkan lokasi usaha yang kurang strategis. Untuk itu kita harus menyesuaikan dana yang kita miliki, dengan lokasi usaha yang di pilih. Jangan sampai kita memilih lokasi yang harga sewanya mahal, tetapi ternyata tidak ramai pengunjung.



6. Lokasi usaha yang tingkat kompetisinya rendah
Jika di lokasi tersebut sudah banyak usaha yang sejenis dengan usaha kita, sebaiknya lokasi ini dihindari. Namun jika kita yakin karena posisinya yang sangat strategis, kita harus siap bersaing dengan menciptakan inovasi baru yang dapat membedakan usaha kita dengan usaha lain yang sejenis.


7. Akses menuju lokasi usaha
Dalam hal ini kita harus mencari lokasi usaha yang mudah untuk diakses konsumen, agar nantinya konsumen tidak ragu atau kesulitan untuk menjangkau lokasi usaha kita. Mungkin untuk sebuah dealer mobil lokasi usaha dipinggir jalan protokol cukup memadai.


8. Tingkat keamanan yang mendukung
Lokasi usaha yang aman juga menambah kenyamanan para konsumen. Mereka tidak akan ragu meninggalkan kendaraan mereka di tempat parkir, dan bisa meninkmati pelayanan usaha kita dengan merasa nyaman. Dengan lingkungan yang aman, kita bisa mengurangi resiko pencurian maupun perusakan yang bisa terjadi pada usaha yang ada di lokasi kurang aman.


9. Perhatikan kebersihan lokasi usaha
Konsumen tidak akan mengunjungi sebuah dealer atau tempat usaha apapun yang berada di lingkungan kotor atau kumuh. Mereka akan merasa ragu untuk membeli produk kita. Untuk itu kebersihan lokasi usaha juga sangat perlu diperhatikan.


Di Bali banyak sekali lokasi usaha yang memadai untuk membangun sebuah dealer mobil, diantaranya adalah 
  1. Jalan bypass Ngurah Rai, tepatnya di area sekitar toko Harley Davidson (di depan mall galery), lokasi ini merupakan lokasi yang sangat strategis, banyak kendaraan yang lalu lalang di area ini dan tentunya di tambah dengan adanya mall yang selalu ramai di datangi pengunjung. Hall ini akan membuat lokasi ini akan mudah terlihat oleh konsumen
  2. Jalan Imam Bonjol, diarea ini sudah banyak berdirir berbagai jenis usaha dan juga merupakan salah satu lokasi strategis untuk membuka sebuah dealer mobil
  3. Jalan Teuku Umar dan jalan Gatot Subroto, kedua area ini merupakan area yang ramai dan memiliki prospek yang baik untuk membuka usaha

Semua lokasi diatas merupakan lokasi yang baik dan memiliki akses jalan yang baik. Namun didalam berbisnis kita tidak hanya terpaku pada lokasi yang baik saja. Suatu lokasi yang strategis bukan merupakan harga mutlak untuk kesuksesan dari suatu usaha. Masih banyak hal yang perlu diperhatikan untuk mencapai kesuksesan dalam berwirausaha, misalnya keunikan produk, cara mempromosikan produk, mutu  pelayanan, strategi menciptakan pasar, konsistensi dan masih banyak lagi. Semua itu mesti dijalani, memang terkadang lokasi juga sangat menentukan, tetapi kalau keunggulan itu tidak dapat dikelola dengan baik, maka tidak akan bisa memberi nilai tambah. Jadi dengan ketekunan dan kemauan, maka tempat bukan lagi kendala dalam berbisnis.

0 Response to "Lokasi Usaha Dealer Mobil Suzuki Sepuluh Jaya"

Post a Comment

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme