Peluang dan Motivasi Bisnis Otomotif

Banyak orang serius untuk membangun bisnis sendiri dan menjadi seorang wirausaha. Kebanyakan orang ingin berwirausaha karena ingin menjadi bos bagi diri sendiri atau ingin menambah pendapatan. Berbagai peluang usaha dicoba untuk dikembangkan, berikut adalah beberapa peluang dan motivasi bisnis di bidang otomotif.


1. Bisnis Dealer Kendaraan Bermotor

Dealer kendaraan bermotor adalah penghubung antara pabrik kendaraan bermotor dengan konsumennya. Menjadi dealer resmi kendaraan bermotor adalah bisnis yang cukup menjanjikan saat ini, karena kebutuhan masyarakat akan alat transportasi yang praktis dan bisa menghindari kemacetan sedang meningkat.

Dealer Resmi Motor Honda


Keuntungan dari bisnis ini diambil dari penjualan kendaraan bermotor tiap unitnya. Jika dealer menjual banyak unit, banyak pula keuntungan yang didapat. Tiap pembelian sebuah dealer bisa mendapatkan keuntungan jutaan, jika setiap bulan dealer bisa menjual sekitar 200 unit pendapatan dealer juga berkisar ratusan juta perbulannya.

Dengan keuntungan yang menggiurkan, bisnis ini harus didukung oleh modal yang besar dan kuat, serta lokasi showroom yang bagus. Untuk mendapatkan izin sebagai dealer resmi, calon dealer juga harus mengajukan proposal ke pabrikan dan menyiapkan uang jaminan sebagai deposit yang jumlahnya miliaran. Uang deposit tersebut akan digunakan untuk membeli kendaraan bermotor ke pabriknya. Modal ini akan kembali dalam jangka waktu beberapa tahun jika bisnis dealer berjalan sukses.

Membuka bisnis dealer kendaraan bermotor resmi juga perlu perencanaan yang matang, minimal sampai tiga tahun kedepan termasuk didalamnya target penjualan tiap bulannya yang ditentukan oleh pabrik. Jika selama 3 bulan berturut-turut dealer tidak bisa memenuhi target, status dealer bisa dicabut dari pabrikan.

2. Bisnis Jual-Beli Kendaraan Bermotor Bekas

Peluang usaha jual-beli kendaraan bermotor bekas masih terbuka lebar. Untuk memulainya tidak harus dengan modal besar, asal ada kemauan dan keberanian untuk memulainya, bisnis ini bisa tetap jalan. Hanya saja perlu keteliatian berikut pengetahuan yang memadai mengenai dunia otomotif. Hal ini diperlukan untuk proses pengecekan kondisi kendaraan dan mengetahui taksiran harga.

Gambar Showroom Mobil Bekas
Bisnis ini memiliki masa depan yang bagus, karena minat masyarakat untuk memiliki kendaraan bermotor masih terus meningkat. Jika daya beli masyarakat menurun, pasti memilih kendaraan bermotos bekas yang harga belinya relatif murah dan lebih terjangkau.

Saat ini, keadaan kendaraan bermotor yang ada pada showroom kendaraan bermotor bekas cukup baik, malah stok dari kendaraan tersebut harus selalu ditingkatkan untuk memenuhi keinginan konsumen. Keuntungan yang didapat dari penjualan kendaraan bekas berada di kisaran 5% dari harga jual per unitnya. Namun, persentase tersebut bergantung pada kemampuan penjual saat menentukan harga.
Hal yang perlu diperhatikan untuk memaksimalkan penjualan kendaraan bermotor bekas adalah lokasi showroom dan target pasarnya.

3. Bisnis Bengkel dan Spare Parts Kendaraan Bermotor

Bisnis bengkel kendaraan bermotor adalah usaha perbaikan kendaraan bermotor agar bisa berfungsi dengan baik. Dalam usaha ini, kendaraan bermotor dapat diperbaiki menggunakan spare parts baru atau bahan yang ada dengan menggunakan penyesuaian. Dengan bertambahnya pengguna kendaraan bermotor, bengkel-bengkel yang ada tidak mungkin dapat menampung seluruh kendaraan bermotor. Sehingga peluang usaha bengkel dan penjualan spare parts kendaraan bermotor terbuka lebar. Bisnis ini membutuhkan keahlian dan pengetahuan di bidang otomotif. Target pasar dalam usaha ini adalah pengguna kendaraan bermotor mobil atau sepeda motor.

Modal yang diperlukan lumayan besar untuk membeli peralatan bengkel seperti kompresor, hidrolik, sampai alat-alat kecil seperti mur dan baut. Semakin cangguh peralatan yang dipergunakan, semakin besar biaya investasi yang dibutuhkan. Dama modal untuk spare parts juga cukup besar.
Sebenarnya usaha bengkel kendaraan bermotor sangat menguntungkan, tetapi sering kali kekurangan mekanik yang handal dan peralatan yang memadai mengakibatkan perputaran dana akan semakin lambat.


4. Bisnis Modifikasi Kendaraan Bermotor

Adanya film tentang mobil-mobil yang dimodifikasi memunculkan minat masyarakat Indonesia untuk memodifikasi kendaraan bermotor. Aksi memodifikasi kendaraan bermotor tentunya membuka peluang usaha bagi banyak orang. Menjalankan usaha di bidang ini memang harus memiliki kemampuan dasar dan ketertarikan pada otomotif supaya lebih mudah untuk menjalankan usaha.

Gambar Sebuah Mobil Hasil Modifikasi

Modal awal dari bisnis ini adalah untuk tempat usaha dan membeli barang berupa aksesoris modifikasi kendaraan bermotor. Walaupun lomba kendaraan modifikasi jarang digelar. Usaha modifikasi tetap menyimpan potensi pendapatan yang menggiurkan.

Dalam satu tahun, sebuah bisnis modifikasi kendaraan bermotor yang sukses bisa melayani modifikasi hingga 60 unit, atau rata-rata 4-5 unit perbulan. Jika jumlah unit itu tercapai, pemasukan yang didapat bisa mencapai 40 sampai 50 juta rupiah, dan keuntungan bersih sebesar 30%.


Sunmber Referensi :

0 Response to "Peluang dan Motivasi Bisnis Otomotif"

Post a Comment

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme